Koedoes’s Weblog











{September 22, 2007}   Sistem Informasi Operasional KPU / KPUD.

Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi

e-DemocratieSolution [Solusi e-Demokrasi] adalah Solusi Software Untuk Komisi Pemilihan Umum [KPU] sebagai penyelenggara Pemilihan Umum [Pemilu] dan KPU Daerah [KPUD] sebagai penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada], yang mencakup Aplikasi Portal dan 8 Aplikasi Utama, yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari produk software yang telah mendapatkan penghargaan APICTA 2003 kategori Research & Development.

Salah satu tolak ukur baik tidaknya pelaksanaan demokrasi adalah pelaksanaan Pilkada. Pilkada harus dilaksanakan secara Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia, serta dilandasi dengan semangat Jujur dan Adil. Oleh karenanya, pelaksanaan Pilkada perlu dikelola dengan baik dan benar.

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung berbagai kegiatan sehari-hari di KPUD saat ini belum optimal. Sementara itu, KPU dituntut untuk menjadi suatu institusi yang modern, sesuai dengan visi dan misi KPU. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu KPU khususnya KPUD untuk menunjang keberhasilan Pilkada, terutama dalam proses penghitungan suara dan penetapan kepala daerah. Dengan memanfaatkan TI maka hasil penghitungan suara pilkada akan dapat diketahui dengan lebih cepat, sehingga pelaksanaan pilkada secara keselurahan dapat sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan.

Selain itu, perkembangan TI dewasa ini dapat dimanfaatkan untuk membantu administrasi pelaksanaan tugas-tugas KPUD. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan dengan memanfaatkan komputer dan jaringan yang digunakan pada Pemilu 2004, data dapat disimpan lebih rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila diperlukan. Dari data tersebut dapat diolah menjadi suatu informasi yang dapat disebarluaskan kepada publik, sehingga publik bisa mendapatkan informasi yang diperlukan secara cepat, akurat, dimanapun dan kapanpun.

Download Flyer Aplikasi e-Democracy

MANFAAT

Menyediakan Sistem Informasi pendukung kerja KPU & KPUD sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada yang komprehensif dan terpadu.
Data dapat disimpan rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila diperlukan.
Mendukung mewujudkan visi dari KPU yaitu menjadi penyelenggara Pemilu/Pilkada yang independen, non-partisan & imparsial, serta profesional sehingga hasil kerjanya dipercaya oleh semua pihak, baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Mendukung terselenggaranya Pemilu dan Pilkada yang lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat seluas-luasnya atas dasar prinsip-prinsip demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan beradab.

Meningkatkan transparansi penyelengaraan Pemilu dan Pilkada.

MODUL – MODUL

Aplikasi yang diperlukan oleh KPU / KPUD akan meliputi 4 domain utama, yaitu:

Website / Portal Publik dan Sistem Komunikasi KPU / KPUD.
Merupakan kumpulan dari aplikasi yang berkaitan dengan proses koordinasi, komunikasi, kooperasi dan kolaborasi antar berbagai stakeholder di dalam KPU / KPUD sehingga terjadi suatu jalinan kerja yang efektif dan efisien. Terdapat 5 kelompok aplikasi di dalam domain sistem ini, yaitu masing-masing adalah:

Portal dan Manajemen Konten (Polling, News Generator). Merupakan aplikasi yang berbasis web dan internet yang memudahkan berbagai pihak untuk melakukan akses terhadap data, informasi, dan pengetahuan yang diinginkan. Serta dapat melakukan polling atau jejak pendapat secara online melalui jaringan internet. Dan dapat juga dipergunakan untuk menyusun, menyimpan dan menyebarkan berbagai berita atau informasi terkait dengan aktivitas organisasi sehari-hari.

Fasilitas e-Mail. Merupakan aplikasi yang bertanggung jawab terhadap mekanisme pengelolaan surat elektronik dalam organisasi KPU / KPUD dan stakeholdernya.

Fasilitas Chatting. Merupakan aplikasi yang menyediakan fasilitas percakapan langsung (real-time) secara online di internet antara berbagai pihak yang berkepentingan.

Fasilitas Forum Diskusi. Merupakan aplikasi yang khusus menyediakan fasilitas diskusi dari berbagai individu maupun kelompok yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan medium internet.

Fasilitas Kalender Kerja. Merupakan aplikasi yang menyediakan fasilitas terkait dengan penjadwalan aktivitas sehari-hari semacam pertemuan, undangan, momen khusus dan lain sebagainya.
Sistem Informasi Operasional KPU / KPUD.

Merupakan sistem informasi tingkat operasional. Sistem ini mendukung kegiatan operasional dengan merekam aktifitas dan transaksi paling dasar dari kegiatan kebutuhan dasar organisasi. Sistem ini mendukung operasional KPU / KPUD dalam proses Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah. Terdapat 8 kelompok aplikasi di dalam domain sistem ini, yaitu masing-masing adalah:

Sistem Informasi Administrasi (SIADMIN). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan wilayah dan TPS.

Sistem Informasi Pendaftaran Penduduk dan Pemilih (SITARLIH). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan penduduk dan pemilih berdasarkan hasil dari P4B (Pendaftaran Pemilih dan Pencatatan Penduduk Berkelanjutan).

Sistem Informasi Organisasi Penyelenggara (SIOGARA). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan organisasi penyelenggara Pemilu/Pilkada.

Sistem Informasi Parpol (SIPARPOL). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan Partai Politik peserta Pemilu/Pilkada.

Sistem Informasi Calon (SILON). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan Calon Kepala Daerah.

Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses perekaman penghitungan suara hasil Pilkada.

Sistem Informasi Penetapan Terpilih (SITAPLIH). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses penetapan calon terpilih.

Sistem Informasi Tabulasi Hasil Pemilihan (SITAMPIL). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses penampilan hasil-hasil pemungutan suara, yang meliputi: Tabulasi Status TPS, Tabulasi Progres TPS, Tabulasi Hasil Penghitungan Suara per Wilayah, Tabulasi Penghitungan Suara per Daerah Pemilihan, Tabulasi Peringkat, Tabulasi Resume Surat Suara.
Sistem Informasi Adminsitrasi KPU / KPUD.

Merupakan kumpulan dari aplikasi yang berkaitan dengan proses pengumpulan, pengorganisasian, penstrukturan, penyimpanan dan pendistribusian data informasi administrasi misalnya seperti data kepegawaian, perlengkapan, maupun kearsipan. Terdapat 3 kelompok aplikasi di dalam domain sistem ini, yaitu masing-masing adalah:

Sistem Informasi Manajemen SDM. Merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu proses-proses terkait dengan aktivitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama yang berkaitan dengan aktivitas perencanaan, pengelolaan dan pengawasan aktifitas SDM.

Sistem Informasi Manajemen Perlengkapan. Merupakan aplikasi yang secara khusus berfungsi untuk membantu proses pengelolaan rantai pasokan berbagai sumberdaya fisik maupun digital yang dibutuhkan oleh organisasi, dari sumbernya (pemesanan) sampai dengan proses implementasi (pemakaian).

Sistem Informasi Manajemen Kearsipan. Merupakan aplikasi yang menangani berbagai proses pengarsipan di dalam organisasi KPU / KPUD, seperti pengelolaan surat masuk dan keluar.
Sistem Informasi Eksekutif KPU / KPUD.

Merupakan Executive Information System (EIS) bagi anggota KPU / KPUD. EIS adalah sistem informasi berbasis komputer yang didesain agar manajer tingkat tinggi dapat mengakses informasi yang relevan dengan aktifitas manajemen mereka.
Sistem Informasi Eksekutif (SIE) ini terdiri dari SIE pelaksanaan Pilkada dan SIE Administrasi Perkantoran. SIE pelaksanaan Pilkada terdiri atas proses Pendataan, Persiapan, Pemungutan Suara, dan Pasca Pilkada. Sedangkan SIE Administrasi Perkantoran terdiri atas sistem Perlengkapan, Kepegawaian, Kearsipan. SIE ini sebagai sistem monitoring yang dilengkapi dengan tampilan grafis.

FITUR UTAMA

Berikut adalah beberapa kemampuan sistem yang dimiliki, yaitu :
Sinkronisasi & Konsolidasi Data pada sistem tersebar berbasis internetworking, dari Kecamatan ke Tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi, dan ke Tingkat Pusat, sehingga data baik yang berupa basisdata, file, dan folder dapat diakses dengan mudah di setiap titik pada sistem tersebar tersebut.

Sistem ini dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, dengan menggunakan algorithma Rolling Checksum & Secure Hashing, yang sangat efisien dalam penggunaan jalur datanya, sehingga bermanfaat untuk menekan biaya koneksi internet, memperbaiki kondisi akses internet yang rendah bandwidth, latensi tinggi, serta kehandalan internet yang kurang, dimana hal tersebut merupakan tipikal permasalahan jaringan internet di Indonesia. Penggunaan mekanisme distributed event ordering untuk memberikan penjaminan serialisasi perubahan data yang terjadi dalam sistem terdistribusi, dan penggunaan teknik sinkronisasi dua arah dan sinkronisasi terpartisi vertical/horizontal untuk sinkronisasi multipoint.

Mirroring/backup [Disaster Recovery] Data dan Aplikasi. Sistem mirroring ini juga dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, Rolling Checksum & Secure Hashing untuk mendeteksi bagain data yang berubah, secara aman dan cepat, sehingga menjadi sangat efisien dalam penggunaan jalur datanya. Dengan mirroing ini akan meningkatkan keamanan dan ketersediaan data (availability), dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi, serta menurunkan downtime sistem jika terjadi gangguan.
Sistem Clustering. Dengan sistem ini, jika terjadi kendala tidak berjalannya aplikasi pada sistem utama, maka sistem backup (yang sama) segera dapat menggantikan perannya, sehingga ketersediaan (availability) aplikasi lebih tinggi dan sistem menjadi lebih handal (reliability).
Security Enhancement System, merupakan sistem untuk manajemen otorisasi dan sesi yang dibangun untuk dapat memberikan penjaminan yang tinggi terhadap interkoneksi yang terjadi pada suatu aplikasi berbasis internet. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan Secure Socket Layers (SSL) dan Web Services sebagai dasar teknologinya sehingga dapat diakses dari mana saja dengan mudah dan aman. Selanjutnya, transfer data dilakukan secara ter-enkripsi melalui protokol yang aman.
Terintegrasi dengan sistem yang lain. e-Democracy ini terintegrasi dengan paket aplikasi untuk Pemerintahan lainnya, misalnya dengan e-GovPortal (Sistem Informasi Manajemen Portal & Content Management System), sehingga masyarakat dapat melihat data hasil pemilihan yang up-to-date melalui portal Pemerintah Daerah.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: