Koedoes’s Weblog











{December 17, 2007}   Java dan JavaScript

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa C. Tetapi dengan Java kita bisa membuat tampilan halaman sebuah web menjadi lebih menarik. Contoh penggunaan Java adalah pada fungsi Mouseover, scrolling marquees, tampilan tanggal dan waktu, kalkulator, dan lain-lain. Terdapat dua tupe Java yaitu Java applet dan Java Script.

JAVA APPLETS

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Java bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berdiri sendiri atau pun sebuah aplikasi mini yang biasa disebut applet. Applet biasa digunakan pada halaman web supaya terlihat lebih dinamis. Terdapat banyak sekali aplikasi/applet yang ada.

JAVA SCRIPT

JavaScript dikembangkan oleh Netscape, yang merupakan bahasa pemrograman yang “sederhana” karena tidak bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi atau pun applet. Java Script merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Dengan Java Script kita bisa dengan mudah membuat sebuah halaman web yang interaktif. Program Java Script dituliskan pada file HTML (*.htm atau *.html) dengan menggunakan tag kontainer <SCRIPT>. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menuliskan program JavaScript pada file terpisah (walaupun Anda juga bisa melakukannya).

Contoh JavaScript Sederhana

Status Bar Message

Untuk membuat tulisan yang terletak pada status bar browser Contoh : <body onLoad=”window.defaultStatus=’http://www.klik-kanan.com‘”> Tulisan yang berwarna biru adalah tulisan yang akan nampak pada bagian bawah browser. Lihat pada pojok kiri bawah.

Status Bar On Mouse Over

Tulisan ini akan nampak bila Anda meletakkan mouse di atas link. <A href=”newpage.htm” onMouseOver=”window.status=’Klik di sini melihat halaman selanjutnya!‘;return true”> Tulisan yang berwarna biru adalah tulisan yang akan nampak pada bagian bawah browser. Sebagai contoh letakkan mouse Anda pada TEKS INI.

Pop Up Box

Menampilkan alert box ketika pertama kali membuka sebuah halaman web.
<script language=”JavaScript”>
alert(”
Tulis kalimat Anda di sini“);
</script>

————————————————–

7 Jam Belajar Swift 3D 4.5 untuk Orang Awam

Chandra

Rating Buku

:

( 1 Komentar )

Jumlah halaman

:

192+viii

 

 

 

 

 

Kode Buku

:

0602101

 

 

 

 

 

Tahun Terbit

:

2006

 

 

 

 

 

Harga Buku

:

Rp. 39.500,-

 

 

 

 

 

Bonus

:

1 CD + Video Tutorial

 

 

 

 

 

No. ISBN

:

979-3767-59-6

 

 

 

 

 

Download

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Swift 3D 4.5 adalah program pendukung buatan pihak ketiga yakni Electric Rain yang berguna untuk membuat animasi 3D Flash berbasis vektor dan raster bitmap. Kemudahan teknik modeling dan animasi Swift 3D 4.5 serta kemampuannya berintegrasi dengan Macromedia Flash MX dan MX 2004 membuat program ini demikian digemari baik desainer 3D pemula maupun profesional.
Hampir sebagian besar animasi 3D Flash yang Anda jumpai dalam web, animasi kartun, bahkan game Flash dibuat menggunakan Swift 3D. Hal ini dikarenakan ukuran file animasi 3D yang dihasilkan relatif kecil tetapi memiliki kualitas render yang cukup baik karena Swift 3D 4.5 dilengkapi rendering engine RAViX dan EMO.
Buku ini sangat cocok bagi para pemula yang masih awam dengan Swift 3D 4.5. Membahas tehnik inti untuk membuat model dan animasi 3D berbasis vektor. Di akhir pembahasan Anda diberi latihan dan soal untuk berlatih menggunakan tehnik-tehnik yang telah dipelajari sebelumnya.
Buku ini merupakan panduan praktis bagi Anda yang ingin belajar Swift 3D 4.5 dengan cara mudah, cepat dan menyenangkan.

Daftar Isi

JAM PERTAMA : DASAR-DASAR SWIFT 3D 4.5
· Mengenal Swift 3D 4.5
· Membuka Program Swift 3D 4.5
· Mengenal Area Kerja Swift 3D 4.5
· Membuat Objek Teks 3D
· Mengganti Tampilan Viewport
· Mengubah Skala Tampilan pada Viewport
· Merotasi Objek
· Melakukan Render
· Menyimpan Objek 3D
· Menutup dan Membuka File Swift
· Menutup Program Swift 3D 4.5
· Latihan Jam Pertama
· Soal Jam Pertama

JAM KEDUA : MEMBUAT OBJEK DASAR 3D
· Koordinat Sumbu X, Y, dan Z
· Sphere
· Box
· Pyramid
· Cone
· Cylinder
· Torus
· Plane
· Polyhedron
· Menggunakan Group
· Latihan Jam Kedua
· Soal Jam Kedua

JAM KETIGA : EXTRUSION EDITOR
· Mengenal Extrusion Editor
· Membuat Objek 3D dari Extrusion Editor
· Membuat Lubang pada Objek 3D
· Menggunakan Bevel
· Circle Path
· Rounded Rectangle
· Star
· N-Gon
· Modifikasi Bentuk Gambar
· Mengubah Skala Objek
· Menggunakan Fungsi Parent dan Child
· Latihan Jam Ketiga
· Soal Jam Ketiga

JAM KEEMPAT : LATHE EDITOR
· Mengenal Lathe Editor
· Membuat Objek Lathe
· Menyimpan Objek Lathe dalam Gallery Lathe
· Memodifikasi Objek Lathe
· Menduplikat Objek Path dari Extrusion Editor
· Mengatur Properties Lathe
· Latihan Jam Keempat
· Soal Jam Keempat

JAM KELIMA : MATERIAL, CAHAYA, DAN KAMERA
· Memberi Material Warna pada Objek
· Memberi Material Raster Bitmap
· Material Reflective dan Transparent
· Material Stone, Wood, dan Metal
· Mengatur Cahaya Point dan Spot Light
· Free Camera
· Perspective Camera
· Target Camera
· Latihan Jam Kelima
· Soal Jam Kelima

JAM KEENAM : ADVANCED MODELER
· Mengenal Advanced Modeler
· Membuat Objek Mesh
· Transformasi Objek Mesh
· Mengedit Objek Mesh
· Extrude Along Normal
· Edit Texture Mode
· Latihan Jam Keenam
· Soal Jam Keenam

JAM KETUJUH : ANIMASI, RENDER, DAN EKSPOR FILE
· Animasi dengan Animation Gallery
· Animasi dengan Keyframe
· Animasi Perubahan Bentuk
· Animasi Cahaya dan Kamera
· Render dan Ekspor File
· Latihan Jam Ketujuh
· Soal Jam Ketujuh



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: