Koedoes’s Weblog











{December 17, 2007}   Tingkatkan Kompetisi, PENS Adakan Lokakarya Robotika

Setidaknya lima puluh peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa perguruan tinggi swasta dan negeri di wilayah Indonesia Timur mengikuti kegiatan Penataran dan Lokakarya (Penlok) Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia yang diadakan di Hotel Singgasana, Surabaya. Acara ini diadakan untuk meningkatkan kompetisi di bidang Robotika.

Kampus ITS, ITS Online – Lokakarya ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 28–30 November ini. Kegiatan ini adalah kerjasama antara Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Departemen Pendidikan Nasional dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS. Diharapkan, lokakarya ini dapat meningkatkan kompetisi pada lomba-lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

Setelah dibuka oleh Direktur DP2M, Prof Dr Moch Munir, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi penlok. Materi yang diberikan sangat beragam, mulai dari Perkembangan kegiatan Kontes Robot dari tahun ke tahun hingga materi teori dan praktis seputar pembuatan robot. Tak ketinggalan pula disosialisasikan penyusunan proposal Kontes Robot serta Peraturan KRI maupun KRCI tahun 2008 mendatang.

Untuk kegiatan ini, ditunjuk tiga Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara, yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bandung, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Menurut Ketua Panitia, Didik Setyo Purnomo ST MEng, pemilihan Perguruan Tinggi ini didasarkan atas pertimbangan regional, kualifikasi dosen dan mahasisia yang aktif mengajukan proposal untuk menjadi peserta kontes, jumlah PTN & PTS di wilayah yang bersangkutan serta pertimbangan potensi pengembangan secara keseluruhan.(Humas PENS/rif)



Leave a comment

et cetera